Sunday 2 November 2014

Arti Makna dari Lambang Kepanduan Dunia

Arti Makna dari WOSM (World Organization of the Scout Movemen) yang asli sebenarnya

Pramuka adalah nama organisasi kepanduan di indonesia, dan Scout adalah nama umum kepanduan di seluruh dunia, seperti yang kita tau setiap organisasi memiliki pusat, nah jika pramuka indonesia dan pramuka di negara lain adalah organisasi, pasti mereka juga mempunyai pusatnya dong, jadi siapa kah yang memimpin kepanduan di seluruh dunia?

Yah pusat atau himpunan kepanduan dari seluruh dunia adalah WOSM (The World Organization of the Movement), organisasi non pemerintah yang terpusat pada organisasi Kepanduan di seluruh dunia termasuk indonesia. Ok untuk artikel sharing saya kali ini saya ingin membahas lambang Kepanduan Dunia (WOSM), sebenarnya sudah banyak yang membahas tentang lambang ini. Namun banyak yang tidak mengerti dari pembahasan yang sama ini pada blog yang lain, ada yang mengatakan kompas, tapi kompasnya mana? gimana gak mengerti coba jelas-jelas kompas itu gede, ada penutupnya, memiliki 2 jarum mengarah ke utara dan selatan, na loh sedangkan di lambang WOSM gak ada jarum yang mengarah utara dan selatan -_-, gimana orang gak ngerti coba,- , kalau gak percaya coba deh cari di google.

Sebenarnya maknanya bener tapi cara nyebutin bentuknya tuh salah jadi bikin orang gak ngerti, maka dari itu saya ingin meluruskan sedikit dari pembahasan lambang WOSM yang telah beredar.

Jika ada yang ingin mengkritik atau mengatakan salah pada arti makna dar artikel saya ini, jangan salahkan saya tapi salahkan WOSM karna saya mengambil arti makna ini dari situs OSM yang saya yakin makna lambangnya sama dengan yang di paparkan oleh WOSM itu sendiri.


Berikut Arti Lambang Organisasi Kepanduan Dunia (WOSM) :

Makna Emblem badge pandu dunia

Arti:
Tali Melingkar
Tali Melambangkan untuk kesatuan pramuka di seluruh dunia

2 Bintang yang memiliki 5 sudut
Melambangkan setiap anggota pandu dapat membela kebenaran dan berbagi pengetahuan bagi siapa saja. 2 bintang yang memiliki 5 sudut yang kalau di jumlahkan hasilnya 10 sudut yang berarti harus mematuhi sepuluh dasa dharma (Scout Law).

Jarum Kompas
Seperti yang di katakan oleh pendiri kepanduan yaitu Baden Powel
"Our Badge we took from the ‘Northpoint’ used on maps ..........."
kurang lebih artinya :
"Lambang Kami, kami mengambilnya dari "Titik Utara" yang di gunakan pada peta"

Lalu kemudian Lady Olave mengatakan
"it shows the true way to go"
Artinya  
"itu akan menunjukkan jalan yang benar jika bepergian"

Jadi kompas melambangkan setiap anggota pandu dapat menunjukan jalan yang benar, dan arti lainnya adalah Tetap melaksanakan kewajiban terhadap tuhan yang maha esa.

Bunga Laili (Tree Foil)
Melambangkan kepatuhan atas Tri Satya (Scout Promise), namun sebenarnya kedua helai memiliki arti yang berbeda yaitu di sisi kanan adalah kepatuhan atas tri satya (Scout Promise) dan sisi kiri adalah membantu terhadap sesama pandu.

Bundara (ikatan)
Melambangakan Persaudaraan antara kepanduan seluruh dunia.

Simpul Mati
Simpul Mati melambangkan simbol dari kekuatan persatuan dan keluarga kepanduan dunia.


OKD sekian dari pembahasan yang saya luruskan, jika ada salah kata mohon di maafkan dan jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan kembali. terimakasih :)

0 Comments:

Post a Comment

Menyertakan link pada komentar akan di anggap spam!