Thursday, 28 August 2014

Logat Makassar

Logat Makassar

Di posting ini sebenarnya tidak mauka pakai bahasa makassar tapi tidak seru tongi kalau saya orang makassar baru tidak pakai logat bahasa makassar ka apalagi sesuai dengan tema posting na, iya toh?
oke paeng mau ka cerita-cerita dulu tentang pengalaman ku bicara sama orang jakarta pakai bahasa makassar, begine kan ada toh anak baru di kelas ku dulu, tapi orang jakarta, terus sementara itu lagi kerja kelompok ka baru itu cewek jakarta cantik mentongi, karna penasaran ku sama itu cewek ku tanya mi langsung sama dia pernahi pacaran atau tidak, begini ku bilang , "N___ pernah  ki kita pacaran?" langsung na jawab"ih KITA, lo aja kali gue enggak" dehh nyesek ku ja _- baru langsung semua teman kelompok ku ketawa ngasengi,_- malu ku ja!!! memang mentong bahasa na makassar bisa ki bikin ketawa, coba mi saja buat ki tulisan atau puisi cinta tapi pakai logat bahasa makassar yakinga ketawa ki. contoh na:

bahasa baku na dulu :
Jangan kau ragukan cinta dan kesetiaanku
Langit dan bumi pun tahu
Cinta kasihku satu
Dan itu hanya untukmu
Ku ingin kau mengerti
Cinta ini suci tak terbagi
Sampai nafasku terhenti
Hanya kau yang ada dihati
Ku persembahkan untukmu janji setia
Mulai kini dan selamanya
Logat bahasa makassar na:
Jangan mki ragukan cinta sama kesetiaanku
Langit dan bumi tau ji
Dan itu hanya untuk kita ji
Mengerti ki dule
Cinta ku suci tidak ta bagi
Sampai berhenti nafasku
Cuma kita ji yang ada dihatiku kasihang :(
Ku persembahkanki untuk kita janji setia
Mulai na sekarang sampai na selama na.
bagaimana lucu ji atau tidak? kalau tidak lucu. kirimi ka pale puisi cinta logat bhs makassar kodong. . :( ohiyo di mau tonga jga cerita-cerita sedikit tentang perbedaan cara berkelahina kalau pacaran, orang jakarta sama orang makassar.

jakarta:
co: sayang?
ce: iya kenapa?
co: kamu marah ya sama aku?
ce: tau
co: yaa tuh kamu marah, maafin :(?
ce: kamu sih lama banget kalau angkat telpon aku :/
co: hmm iyadeh maaf, maafin ya :)?
ce: iya iya aku maafin.
co: makasih sayang, aku sayang banget ama kamu:*
ce: aku juga :*

makassar
co: sayaang?
ce: iya?
co: marah ki kah?
ce: tau deh
co: njo marah ki toh, maaf ka?
ce: ka kita iya lamana baru kita angkat telpon ku, .......bla bla sampai mulut berbusa:D
ce: maaf ka pale na, maaf ka nah :(?
ce:iye ku maaf kan jki, tapi jangki begitu lagi kalo....... bla bla bla sampai mulut berbusa :D
co: iyeee tidak mi, ku sayang ta :*
ce: hmm iya

jadi perbedaannya kalau orang jakarta sama orang makassar menurut saya ada 3 : 1.logat na, 2.kalau marah mi banyak pote" na sampana berbusa"i mulutna, 3.sama keterakhir kalau orang jakarta na bawa santai ki, kalau orang makassar iya tabawa emosi besok-besok pi baru bisa reda emosi na sama pacarna. tapi ini juga tidak semua ji juga orang makassar begitu sebagian ji kebanyakan anak remaja makassar yang begituang, ini ji kapang yang bisa ku ceritakan tentang logatna dari bahasa na daerahku.ohiyo kan di posting ku kali ini ada tema cinta saya sarankan ki kalau mau ki cari orang yang setia cari mki saja orang makassar.. terbukti. seperti saya hahahahaha.....................

follow ki nah di twitter : @muhahlan oke paeng besok pi lagi baru ma posting kembali ka lagi, assalamualaikum

2 Comments:

binkbenk said...

salam kenal pakde Jokowi ...

The Jokowi said...

salam kenal :D

Post a Comment

Menyertakan link pada komentar akan di anggap spam!