Sunday 21 December 2014

Kegiatan dan Tips Harian Untuk Menghadapi Ujian Kelulusan

Tips untuk menghadapi ujian semester, nasional, dan sekolah

Beberapa bulan lagi di tahun 2014-2015, siswa siswi indonesia akan menghadapi ujian kelulusan. Semuanya telah di lewati dengan penuh ketekunan pada diri pemuda indonesia, Menuju kelulusan bagaikan sebuah rintangan yang sangat sulit di hadapan mereka, rasa menyesal, rasa sedih pun sangat terasa pada akhir-akhir sekolah, kenangan semasa sekolah akan sangat terasa pada akhirnya.

Kelulusan adalah sebuah puncak yang sangat berharga menuju sebuah kesuksesan di masa depan. beberapa tahun yang sangat berharga yang mereka lewati akan lebih berharga lagi jika sukses pada kelulusan ini. Masa depan indonesia ada pada mereka, cita-cita indonesia ada pada mereka, tujuan ada indonesia ada pada mereka, berjuanglah putra-putri indonesia.

Pada tahun ini kurikulum 2013 telah di realisasikan pada sekolah-sekolah negeri maupun swasta, sistem sekolahan telah banyak di rombak oleh pemerintah indonesia, di kurikulim 2013 ada 3 aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, keterampilan, sikap dan prilaku. Mata pelajaran pun sangat banyak di rombak yang seperti dikutip oleh wikipedia.com kurikulum 2013 akan menyatarakan pelajaran di indonesia pada jejang internasional.

Nah, SD, SMP, SMA/SMK pun akan merasakan perubahan pada K13, namun jangan takut yakinkan saja bahwa kalian bisa menghadapi ujian 2014-2015 ini. maka dari itu saya akan memberikan jadwal untuk menghadapi ujian dan saya berharap putra-putri mampu dan tidak takut.

Sebelumnya :) Karna dalam hal ini saya adalah salah satu peserta ujian Nasional 2015 (SMK) saya berharap teman-teman seluruh indonesia bisa menghadapi ujian kelulusan dengan penuh kesabaran. oke sebagai teman yang baik alangkah indahnya kita berbagi tips untuk menghadapi ujian. nah sebenarnya sudah beberapa minggu ini saya mau memposting hal ini, namun karna kendala pada sekolah (Maklumlah Kelas 3 SMK) jadi saya mengurungkan untuk membuat artikel ini.

Oke, saya rasa sudah cukup :) sebelumnya untuk teman-teman coba sekiranya untuk introspeksi diri masing-masing dulu menyadari kesalahan pada orang tua, kesalahan selama masa-masa sekolah, semoga dengan itu kita bisa menekuni kegiatan ini.

Kegiatan Harian Untuk Menghadapi Ujian Nasional 2014
1. Sholat 5 Waktu - Wajib (Bagi yang islam) jangan lupa berdoa.
2. Olahraga
3. Belajar
4. Evaluasi
5. Istirahat (tidur tepat waktu)

1. Sholat 5 Waktu
Pada akhirnya kita akan kembali juga pada Tuhan yang maha esa untuk meminta pertolongan-Nya.

Quote: jangan hanya karna takut tidak lulus baru mengingat Tuhan, cobalah untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencita, karna Tuhan yang maha esalah yang menentukan semua ini.

2. Olahraga
Setiap putra-putri indonesia wajib untuk menjaga kesehatan tubuh untuk menghadapi ujian, sehat bugar akan terasa pada jam sekolah berlangsung. Bukan hanya itu saja olahraga juga dapat mengasah otak sehingga mempertajam pengingatan hafalan. Olahraga di lakukan 2 sekali seminggu dan jangan memaksa kan diri.

Tips : Olahrga yang baik itu dengan berlari-lari kecil (jogging) pada pagi hari, namun karna ini mendekati musim hujan coba melakukan kardio dalam rumah saja untuk menjaga suhu tubuh pada musim hujan. Olahraga kecil yang bisa dilakukan di dalam rumah, Misal: Kardio, Push-up, Lompat Tali, Sit Up, Dll

3. Belajar
Tak ada gunanya olahraga kalau gak belajar, saat belajar sekiranya jangan sekedar membaca dan menghafal saja, cobalah untuk memahai pelajaran tersebut, bahkan dari SD pun guru telah mengatakan bahwa jangan hanya sekedar menghafalnya saja, coba untuk pahami baik-baik.

Tips: Ketika belajar coba untuk mengambil posisi belajar yang membuat kamu nyaman dan tidak membuat kamu bosan. karna bosan akan datang ketika posisi badan tidak sesuai keinginan hati. pada kegiatan ini diharapkan teman-teman untuk belajar tiap hari, mengulang pelajaran yang telah dilupa dan mencoba memahaminya.

4. Evaluasi Diri
Pada setiap mata pelajaran telah di ajarkan pada guru untuk mengevaluasi pelajaran-pelajaran yang telah dipelajari, dengan mengevaluasi kita dapat mengetahui hasil-hasil penilaian dari hasil belajar kita selama 1 haru atau 3 tahun belajar di sekolah.

Tips: Minta guru untuk memberikan penilaian dari hasil yang telah dipelajari pada jam sekolah, evaluasi di lakukan setiap sudah belajar.

5. Istirahat
Otak dan Badan perlu istirahat semua kegiatan telah di lakukan dengan baik, saatnya untuk istirahat kan diri sehingga tidak memaksa di hari esok.

Tips : Istirahat yang penuh, tidur yang teratur dengan cara tidur pada jam yang telah di tentukan oleh diri sendiri, untuk anak sekolahan biasanya tidur 8 jam dalam sehari. jadi pada pukul 9.00 malam cobalah untuk tidur.

Agar 5 kegiatan tersebut berjalan lancar cobalah untuk menghilangkan sifat buruk dalam diri teman-teman, tanamkan pada dirikalian bahwa "kini saya telah dewasa, tidak ada lagi bermain-main dalam hal ini, sekarang saatnya mengukir masa depan :)".

Maaf jika kata-kata saya terlalu tinggi :D

oke mungkin sekian tips dari saya, jika ada kesalahan kata atau kata yang kurang berkenan mohon di maafkan, dan jika teman-teman mempunyai masukan, kolom komentar terbuka lebar di bawah posting ini.

Penutup

Kesuksesan berawal dari kita bergerak, tanpa kemauan untuk bergerak kita tidak akan membuat perubahan.

0 Comments:

Post a Comment

Menyertakan link pada komentar akan di anggap spam!