Friday 3 October 2014

Bagaimana Cara Mengecek Laptop Mati Total?

Cara Mengetahui laptop rusak mati total

Selama sebulan saya Prakerin di salah satu toko Laptop di makassar dan saya mendapatkan banyak pelajaran dari pengalaman saat prakerin tersebut, walaupun hanya sebulan saya sudah bisa mengetahui hampir semua tentang laptop, nah maka dari itu rasanya gak afdol banget kalau saya gak berbagi pada kalian, yang mungkin juga ingin mengetahui tentang ilmu yang saya dapatkan mengenai laptop.

Pelajaran pertama yang saya dapat pada prakerin adalah Troubleshooting, dulu saya mengira bahwa semua tentang masalah-masalah kerusakan pada laptop sulit kita ketahui dan bagaimana cara mengeceknya, akan tetapi setelah banyak belajar alhamdulillah ilmu yang saya dapatkan itu sangat berguna bagi saya hingga saya bisa mencoba menebak dari mana asal kerusakan laptop tersebut.

Oke untuk masalah kerusakan laptop yang pertama adalah Laptop Mati Total. jadi bagaimana cara mengecek bahwa laptop tersebut mati total?

Masalah:
Ketika Laptop dicharger lampu led tidak menyala, begitupun juga dengan menekan tombol power, tidak ada reaksi sama sekali, kipas, lampu led, suara, tidak hidup sama sekali.

1. Cek Flexible Kabel Power switch On/Off Laptop, biasanya laptop tidak akan bisa menyala jika Flexible power tidak terpasang dengan baik maka dari itu coba untuk mengeceknya terlebih dahulu.

2. Jika Kabel Power telah terpasang dengan baik, coba mengcharger laptop dengan adaptor jika Led charger pada laptop tidak menyala, coba untuk mengganti adaptor yang lainnya, jika ternyata hasilnya sama kemungkinan besar mati total.

3. Pada point pertama kita telah menguji dengan adaptor, namun kita belum bisa pastikan adaptor berfungsi dengan baik atau tidak. maka dari itu coba cek DC jack (Colokan Charger), jika DC jack terlepas dari motherboard dan tidak bisa mengalurkan alur listrik ke laptop, dalam hal ini harus mengganti DC jack.

3. Nah, jika Point ke 1 dan 2 juga hasilnya sama berarti kemungkinan besar kerusakan ada pada motheboard yang membuat laptop mati total.

Mungkin sekian untuk cara mengecek Laptop mati total dari saya, jika ada kekurangan mohon di maafkan. dan jika ada tambahan kamu bisa menambahkan dengan menggunakan kolom komentar dibawah :)

0 Comments:

Post a Comment

Menyertakan link pada komentar akan di anggap spam!