Wednesday 13 August 2014

Tips Merawat Laptop/Notebook

Tips Merawat Laptop

Bagi ane laptop adalah pacar haha, begitulah! Mau ke sekolah, makan, nonton, tidur pun sama dia, hari-hari bersama dia, tadi baru saja saya mendapatkan email dari ummu hafiah, di bertanya gimana caranya merawat laptop, aduh,-  ane sih gak perhatiin bagian luar laptopnya  ane kebanyakan main di perangkat lunak sampai gak mikirin keadaan luarnya  =D

Oke, karena ini pertanyaan dari pengujung blog saya akan menjawabnya, untuk merawat laptop gak perlu keseringan minimal 2 minggu sekalilah, dan itupun hanya merawat kondisi fisik dan perangkat lunak saja. Selanjutnya agar laptop terlihat menarik kamu bisa mencoba menambahkan aksesoris untuk laptop, itu dilakukan seperlunya saja dalam jangka 1 tahun tapi itu sesuai keinginan kamu, berikut cara merawat laptop/notebook:


1. Bersihkan laptop
Bersihkan laptop dalam keadaan shutdown(mati), dengan menggunakan lap basah yang telah di peras, buatlah lap khusus untuk laptop, lakukan setiap laptop terlihat berdebu.

2. Mengganti spare part laptop
Jika ada bagian laptop yang rusak segeralah menggantinya atau memperbaikinya, jika dibiarkan itu akan membuat laptop tidak berjalan dengan baik.

3.  Jangan sampai sangat panas
Seringkali kita sering menggunakan laptop hingga sangat panas, untuk itu gunakanlah aplikasi yang sedang kita pakai sekarang atau jalankan dengan satu persatu, sehingga laptop tidak bekerja ekstra. sebagai tambahan gunakan coolpad agar laptop tidak cepat panas

4. Instal Antivirus
Untuk memasitkan laptop bersih dari virus instal lah antivirus untuk jaga-jaga jika ada file yang terinfeksi atau hd usb yang bervirus.

5. Pakaikan Pakaian
Haha laptop itu juga punya malu loh, kalau kamu berada di warkop pasti kamu agak minder karena laptop kamu biasa-biasa aja, coba deh kasih pakaian pelindung untuk laptop kamu. Itu juga Agar menghalang masuknya debu kedalam isi PC laptop.

6. Jangan Sering Mengintall ulang PC
Seringnya menginstal PC akan membuat pc kamu down, dan mungkin OS tidak kompitable pada laptop.

7. Instal Software yang diperlukan
Jangan menginstal software yang kamu tidak perlukan, jika kamu menginstal software yang mengatur registry laptop, itu mungkin susah untuk di mengembalikan pengaturan registry seperti semula, maka dari itu instal lah software yang kamu gunakan saja, jika ingin uninstall cobalah menggunakan Revo Uninstaller.

8.  Satu software untuk satu eksitensi
Contohnya video cukup instal  1 aplikasi pemutar video saja, begitu juga dengan lainnya, agar tidak mengurangi kapasitas local disk C, dan untuk meningkatkan peforma PC agar tetap stabil dan tidak lambat.

9.  Lowbet ! matikan dan charger
Nah ini yang sering kita lakukan, mencharger laptop sambil memainkannya, ini akan membuat baterai laptop kalah (down) efeknya akan mengurangi  lamanya daya baterai, maka matikan shutdown laptop jika sudah lowbet.

10. Berhati-hati menutup Laptop
Jangan anggap enteng ketika menutup laptop, mungkin kamu kira tidak menimbulkan efek apa-apa akan tetapi kalau kamu lalai menutupnya dengan cara kasar bisa-bisa fleksible LCD kamu akan terlepas atau bisa-bisa rusak, maka berhati-hatilah.

Mungkin tu saja Tips-tips merawat laptop dari saya, jika ada kesamaan mohon di maafkan yee, kalau kamu yang ingin menambahkan bisa menggunakan kolom komentar di bawah.  Ohiya termakasih juga kepada ummu hafiah yang sudah memberikan pertanyaan.

0 Comments:

Post a Comment

Menyertakan link pada komentar akan di anggap spam!